Konfigurasi waktu di Linux Ubuntu dan anak turunannya versi server


Permasalahan salah waktu dan tanggal pada Linux atau pun sistem operasi lainnya bisa dikarenakan banyak hal, misalnya waktu UTC yang tidak tersinkronsasi dengan benar, atau bisa juga karena waktu BIOS yang tidak juga dikonfigurasi dengan baik atau baterai BIOS habis. Untungnya untuk pengaturan waktu, Linux sudah memiliki cara untuk memperbaikinya khususnya untuk versi server dengan menggunakan command line.

Saat ini Anda akan mencoba untuk memperbaiki konfigurasi waktu yang salah di Linux, hal ini  terjadi setelah server di reboot. Permasalahannya bisa dari waktu BIOS atau dari konfigurasi UTC yang tidak tepat. Cobalah untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaiki waktu pada Linux :

Tentukan waktu saat ini yang ingin di konfigurasi kedalam sistem ( Lihat jam Anda ), lalu jalankan perintah dibawah ini :

$ sudo date -s 09:30

Kemudian jalankan perintah dibawah untuk memaksa waktu yang sudah Anda tentukan kepada sistem.

$ sudo /sbin/hwclock –systohc –localtime

Lakukan pengecekan jika Anda ragu bahwa waktu Anda sudah berubah.

$ sudo /sbin/hwclock –localtime

Saatnya melakukan sinkronisasi antara waktu sistem dan waktu hardware dengan perintah.

$ sudo /sbin/hwclock –hctosys –localtime

Waktu seharusnya sudah sesuai dengan waktu Anda saat ini ( Kecuali Anda salah memasukkan waktu pada langkah awal ) dan waktu ini akan tetap sama hingga komputer di restart nantinya. 

Ada beberapa opsi lainnya jika Anda tidak menginginkan waktu yang sudah ada ini tersinkronisasi dengan waktu UTC melalui internet, hal ini bisa dilakukan dengan melakukan edit pada file /etc/default/ntpdate dan /etc/default/rcS. Adapun hal yang harus di edit pada kedua file tersebut akan dijelaskan dibawah ini.

Sekarang Anda akan mengedit file /etc/default/ntpdate dengan menggunakan editor yang biasa Anda gunakan. Silahkan masuk dan cari baris berikut:

NTPSERVERS="ntp.ubuntu.com"

Hapus lah nilai ntp.ubuntu.com yang berada ditengah-tengah tanda petik dua (") tanpa menghapus tanda petiknya. Jika sudah simpan file tersebut lalu buka kembali file satunya /etc/default/rcS lalu temukan baris dibawah.

UTC=yes

Menjadi baris seperti dibawah ini:

UTC=no

Setelah selesai, segera simpan file tersebut dan dengan melakukan hal ini sistem tidak akan lagi melakukan pengecekan waktu dan tanggal melalui sistem UTC di internet.


Share this article :

0 comments:

Tinggalkan komentar anda disini ...

 
About Us - Copyright © 2024 DIINFOKE - All Rights Reserved
Powered by Blogger