METODE ACTIVITY BASED COASTING

Activity Based Costing merupakan metode penentuan HPP (product costing) yang ditujukan untuk menyajikan informasi harga pokok secara cermat bagi kepentingan manajemen, dengan mengukur secara cermat konsumsi sumber daya alam setiap aktivitas yang digunakan untuk menghasilkan produk.

Activity based costing adalah suatu sistem biaya yang mengumpulkan biaya-biaya ke dalam aktivitas-aktivitas yang terjadi dalam perusahaan lalu membebankan biaya atau aktivitas tersebut kepada produk atau jasa, dan melaporkan biaya aktivitas dan produk atau jasa tersebut pada manajemen agar selanjutnya dapat digunakan untuk perencanaan, pengendalian biaya, dan pengambilan keputusan.
 
Konsep Dasar Activity Based Costing  fokus pada aktivitas-aktivitas yang dilakukan untuk menghasilkan produk atau jasa. Menyediakan informasi perihal aktivitas-aktivitas dan sumber daya yang dibutuhkan untuk melaksanakan kejadian atau transaksi yang merupakan pemicu biaya (cost driver) yang bertindak sebagai faktor penyebab dalam pengeluaran biaya dalam organisasi. Aktivitas-aktivitas ini menjadi titik perhimpunan biaya. Dalam sistem ABC, biaya ditelusur ke aktivitas dan kemudian ke produk. Sistem ABC mengasumsikan bahwa aktivitas-aktivitaslah yang mengkonsumsi sumber daya dan bukannya produk.

Kesimpulan : 
Biaya produksi untuk produk yang dihasilkan dapat overstated/understated sehingga dapat mengakibatkan kesalahan dalam menentukan harga yang pada akhirnya akan merugikan perusahaan. untuk mengatasinya perusahaan berusaha menerapkan Activity Based Costing yang memberikan informasi biaya yang lebih akurat dan relevan. Sistem Activity Based Costing juga menyadarkan bahwa penyebab biaya adalah aktivitas, bukan produk. Sistem Activity Based Costing bisa diterapkan di perusahaan yang memakai biaya pesanan maupun sistem biaya proses.
Share this article :

0 comments:

Tinggalkan komentar anda disini ...

 
About Us - Copyright © 2024 DIINFOKE - All Rights Reserved
Powered by Blogger